Kamis, 26 Mei 2011

IMAM MAHDI VERSI MUHAMMAD SAW VERSI IMAM MAHDI VERSI AHMADIYAH Bag. 2



Mahdi bertemu dengan Isa as
Berdasarkan riwayat yang shohih setelah kemunculan Imam Mahdi tanda kiamat kubrro berikutnya adalah tturunnya Nabi Isa as dan bertemu dengan khalifah imam Mahdi.
Dalam musnad Imam Ahmad, Shohih Muslim disebutkan bahwa Isa Bin maryam Rasululah SAW bersabda :
قَالَ : فَيَنْزِلُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ ، فَيَقُولُ أَمِيرُهُمْ : تَعَالَ صَلِّ بِنَا ، فَيَقُولُ : لاَ ، إِنَّ بَعْضَكُمْ عَلَى بَعْضٍ أَمِيرٌ ، لِيُكْرِمَ اللَّهُ هَذِهِ الأُمَّةَ
“..Maka turunlah Isa Bin Maryam kemudian berkata pemimpin mereka ( Al Mahdi ) mari sholat bersama kami ( maksudnya Jadilah Imam ) maka Isa bin maryam menjawab : Tidak ! Sesungguhnya sebagian kalian pemimpin bagi yang lainnya  ini merupakan keutamaan Allah bagi umat ini.
( lihat Musnad Ahmad hadits juz 5 hal 2573 hadits no 15359, Lihat shohih Muslim dalam Kitabul Iman Bab Nujulu Isa Bin Maryamjuz 1 hal 95 )
Dalam hadits riwayat thobroni Rasululah SAW bersabda : “.
فيقول المهدي تقدم فصل بالناس فيقول عيسى إنما أقيمت الصلاة لك فيصلي خلف رجل من ولدي

“…Berkata Imam Mahdi n kepada Isa Bin Maryam silahkan ke depan untuk menjadi Imam sholat bersama orang-orang tetapi isa asmenjawab “ sesungguhnya qomat dikumandangkan untuk  anda maka sholatlah Isa di belakang lelaki keturunanku itu (yaitu Al Mahdi. )
Hadits serupa diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dalam shohihnya dalam imamatul Mahdi ( kepemimpinan Al mahdi
 Ibnu Qoyyim  menukil hadits yang diriwayatkan oleh Al Harits Bin Abi Usamah dalam musnadnya bahwa
قال الحارث بن أبي أسامة في مسنده حدثنا إسماعيل بن عبد الكريم حدثنا إبراهيم بن عقيل عن أبيه عن وهب بن منبه عن جابر قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ينزل عيسى بن مريم فيقول أميرهم المهدي تعال صل بنا فيقول لا إن بعضهم أمير بعض تكرمة الله لهذه الأمة وهذا إسناد جيد.
Dari Jabir ra, Rasululah SAW bersabda: Manakala Isa turun Isa Bin Maryam maka berkatalah Pemimpin mereka yaitu Al Mahdi : kemarilah sholat bersama kami ( Maksudnya ayo jadi imam ) maka menjawab isa bin maryam tidak seseungguhnya sebagian kalian itu pemimpin bagi yang lainnya hal, ini sebagai sebuah kemulyaan Allah SWT untuk umat ini. Hadits ini sanadnya baik. ( Kitab Manarul Munif fi shohih  wa dhoif  hal 147 karya Ibnu Qoyyim , Maktabah Mathbuat islamiyah,Halabi )
Syeikh Al Bani menempatkan hadits ini dalam silsilah hadits shohihlihat silsilah hadits shohih  juz  5 hal 278 hadits no 2236. Hadsits ini para rawinya (periwayat hadits )semuanya tsiqot dan merupakan rowi  yang digunakan oleh abu dawud.
Hadits-hadits tentang bertemunya Imam Mahdi dengan Isa bin maryam as adalah sahih sehingga tak terbantahkan lagi.
Hadits ini menunjukan bahwa menurut Rasululah SAW Imam Mahdi itu bukan Nabi dan bukan Nabi Isa bin maryam as. Jadi pengakuan Mirza Ghulam Ahmad sebagai Imam Mahdi sekaligus sebagai Nabi Isa bin maryam as bertolak belakang dengan hadits-hadits shahih dan mutawatir.
Imam Ibnu sirin, seorang tabiin yang terkenal waro dan tinggi ilmunya menyatakan bahwa Nabi Isa as sholat di belakang Imam Mahdi. ( Al Jami’ oleh ma’mar bin rosyid juz 11 hal 399 ). Ibnu sirin merupakan seorang tabiin yang lahir pada masa khalifah umar bin khottob ra. Ibnu sirin belajar  agama langsung kepada para sahabat serta meriwayatkan hadits dari mereka. Di antara sahabat yang menjadi gurunya adalah zaid bin tsabit ra, penulis wahyu Rasululah SAW. Kemudian  Ubay bin Ka’ab , Abu Hurairah, bnu abbas, Imron bin khushain, Adi Bin hatim, Ibnu Umar, Abidah As Salmani, syryraihan al qodhi dan Anas Bin Malik ( Siyar Alamin Nubala Juz 4 hal 606, Karya Imam Adz Dzahabi ). Bahkan Anas Bin Malik mewasiatkan agar ketika ia wafat harus disholatkan oleh Ibnu sirin karena keluasan ilmu agamanya yang terpercaya serta kesahlihah akhlaqnya. ( lihat Tahdzibu Tahdzib ,karya Ibnu Hajar Al Asqolani )
Sahabat Ibnu Mas’ud ra juga mengatakan bahwa Isa bin maryam akan sholat di belakang Imam Mahdi. ( Mu’jam Ahaditsul Mahdi JUz 8 hal 102 ). Imam Dzahabi juga menyatakan hal yang sama dengan apa yang disampaikan oleh sahabat ibnu mas’ud ( Tamassuk bis sunan juz 1 hal 40 )
Menurut Syeikh Salih Bin Fauzan seorang kibarul ulama (ulama besar ) anggota dewan fatwa  di Saudi Arabia menyatakan
والصواب الذي عليه أهل الحق : أن المهدي غير عيسى، وأنه يخرج قبل نزول عيسى عليه السلام، وقد كثرت بخروجه الروايات حتى بلغت حد التواتر المعنوي
Yang benar adalah Mahdi itu bukan Isa karena mahdi akan muncul sebelum isya dan sungguh begiu banyak riwayat tentang hal itu sampai kepada tingkat yang mutawatir maknawi ( Al Irsyad ila shohil I’tiqod hal 3555 )   
Bersambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar